Jumat, September 04, 2009

Penipuan Kian Marak di Facebook

Penipu makin intensif menggunakan Facebook sebagai ladang penipuan. Penipu bahkan berani menargetkan korbannya dari keluarga militer.

Kepolisian di San Francisco mengatakan kakek-nenek dari personel militer AS telah ditipu hingga ribuan dolar berkat informasi yang dirangkum dari Facebook.

"Grandma Scam" versi teknologi tingkat tinggi itu meningkat dengan tajam, di mana penipu menggunakan Facebook untuk mengidentifikasikan kakek-nenek yang memiliki anggota keluarga militer.

Penipu kemudian menelepon kakek-nenek itu dan berpura-pura menjadi cucu mereka yang mengatakan akan segera pulang dari tugasnya dan ingin memberikan kejutan kepada orang tuanya.

Penipu mengatakan ia membutuhkan kiriman uang karena mobil temannya rusak. Jika kakek-nenek tersebut setuju, maka uang tersebut langsung diterima dan diatur masuk ke rekening para penipu.

"Uang mereka diambil dengan alasan percaya jika cucu mereka akan segera pulang dari perang," kata Sersan Lyn Tomioka, humas dari kepolisian San Francisco. (Sumber: inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar